logo pa soasio

Portal Pengadilan Agama Soasio

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Soasio, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Soasio

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Perkara Prodeo

Prodeo sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan, adalah proses berperkara di pengadilan secara cuma-cuma dengan dibiayai negara melalui anggaran Mahkamah Agung RI.
Perkara Prodeo

SIPP Kemenpan RB

SIPP Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat
SIPP Kemenpan RB

Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya merupakan salah satu bagian yang terdampak oleh virus COVID-19 sehingga Mahkamah Agung menyediakan Website Sebaran COVID -19 di Lingkungan Peradilan yang berfungsi untuk melakukan monitoring terhadap kondisi seluruh aparatur pengadilan yang ada di satuan kerja baik PNS maupun Non PNS yang terdampak COVID-19
Informasi COVID 19 Mahkamah Agung

PTSP

Pelayanan Terpadu Satu PIntu (PTSP) adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengembalian produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri ditujukan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas dari korupsi kepada pengguna layanan dan menjaga indepedensi dan imparsialitas aparat.
PTSP

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Soasio.
11 Aplikasi Inovasi Badilag

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.
Reformasi Birokrasi

Budaya kerja 5S 5R

Pengadilan Agama Soasio telah membangun Budaya Kerja 5S dan 5R untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Budaya kerja 5S 5R

icon galeri

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

jdih

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

majalah

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

majalah

 

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

on . Hits: 167

Sosialisasi Hasil Aktualisasi Peserta Latsar Cpns Tahun 2021 Pada Pengadilan Agama Soasio

 

Tidore – Jumat (02/07/2021) | Pengadilan Agama Soasio menggelar kegiatan Sosialisasi hasil aktualisasi Latsar CPNS tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk memperkenalkan inovasi yang telah dibuat oleh peserta Latsar CPNS tahun 2021 yang bertugas di Pengadilan Agama Soasio kepada seluruh pegawai PA Soasio. Inovasi tersebut bernama Supersi yang dibuat oleh Afif Priyambodo, S.T. dan aplikasi LAPPAS yang dibuat oleh Muhammad Miftahudin, S.H.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh sambutan dari Ketua PA Soasio, Bapak Dacep Burhanudin, S.Ag., M.H.I. Dalam sambutan awalnya Ketua PA Soasio menyampaikan, “Sebagai pimpinan yang ada di PA Soasio, saya sangat mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh 2 peserta LATSAR CPNS dan ini menjadi prestasi bagi CPNS”. Adapun Ketua PA Soasio mengharapkan dua aplikasi ini dapat digunakan secara maksimal pada PA Soasio, dimana kedepan aplikasi Supersi dapat menjadi aplikasi penyempurna dari aplikasi e sikmas sehingga PA Soasio telah memiliki 2 aplikasi dalam hal survei yang terdiri dari IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) dan IPK (Indeks Persepsi Korupsi). Hal tersebut tentunya dapat membantu kinerja PA Soasio dalam hal pembangunan zona integritas. Disisi lain Ketua PA Soasio juga mengharapkan aplikasi LAPPAS dapat membantu meningkatkan kinerja dalam hal pelaporan berbasis elektronik mengingat sejauh ini pelaporan yang ada di PA Soasio masih dalam bentuk manual.

 

WhatsApp Image 2021-07-03 at 12.59.25.jpeg

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari dua mentor peserta LATSAR CPNS 2021. Sambutan mentor pertama dari mentor Afif Primabodo, S.T. yaitu Bapak Choirul Isnan, S.H. mentor menyampaikan, “hasil pelaksanaan aktualisasi dalam bentuk aplikasi Supersi sangat bagus untuk dilaksanakan sebagai tugas aktualisasi dalam ujian akhir LATSAR CPNS tahun 2021”. Mentor juga menyampaikan bahwasannya pencarian isu yang ditampung sudah sesuai dengan apa yang menjadi kekurangan yang ada pada PA Soasio, mengingat pelaksanaan survei IPK yang dilakukan oleh PA Soasio masih dilakukan dalam bentuk manual. Mentor menganggap aplikasi ini nantinya dapat memudahkan masyarakat dalam mengisi survey IPK karena dibantu dengan menggunakan media website. Kededepan mentor berharap aplikasi Supersi bisa dikolaborasikan dengan aplikasi E-Sikmas.

Acara kemudian dilanjutkan sambutan oleh mentor kedua. Mentor kedua ini mentor dari Muhammad Miftahudin, S.H. yaitu Bapak Hassanudin, S.Sy. Pertama-tama mentor menyampaikan bahwasannya sebagai selaku mentor dan juga sebagai keluarga besar PA Soasio sangat mendukung dan mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh Muhammad Miftahudin, S.H. dan juga oleh Afif Priyambodo, S.T. Mentor menginginkan semua pegawai yang ada PA Soasio menyampaikan kritik, saran dan juga masukan kepada para pembuat aplikasi agar nantinya dapat terus mengembangkan aplikasi yang telah dibuat. Adapun dari awal sudah disampaikan kepada Muhammad Miftahudin, S.H., agar dapat merancang aplikasi ini semudah mungkin untuk digunakan oleh semua orang, mengingat tidak selamanya pembuat aplikasi ini menggunakan aplikasi ini dan berada di PA Soasio. Diakhir sambutannya mentor berharap agar semua pegawai PA Soasio dapat mendukung dan bisa meniru untuk menghasilkan karya-karya lainnya.

 

WhatsApp Image 2021-07-03 at 12.59.25 (3).jpeg

 

Acara kemudian masuk ke acara inti yaitu pelaksanaan sosialisasi hasil aktualisasi LATSAR CPNS tahun 2021. Sosialisasi pertama dilakukan oleh Afif Priyambodo, S.T. Dalam pemapaparannya, dijelaskan Aplikasi Survei Persepsi Korupsi (Supersi) adalah aplikasi online berbasis website yang memudahkan proses pelaksanaan survei persepsi korupsi. Survei persepsi korupsi menjadi indikator dalam penilaian satuan kerja Pengadilan Agama Soasio guna mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Secara teknis, pelaksanaan survei dilakukan secara online melalui website Supersi sehingga memudahkan pengisian survei dan pengumpulan data hasil survei. Masyarakat dapat dengan mudah mengisi kuisioner survei. Hasil survei tersimpan otomatis dan dapat diolah menjadi data statistik. Dengan menggunakan Aplikasi Supersi, pelaksanaan Survei Persepsi Korupsi di Pengadilan Agama Soasio menjadi lebih efektif dan efisien.

 

WhatsApp Image 2021-07-03 at 12.59.25 (4).jpeg

 

Pemapaparan selanjutnya dilakukan oleh Muhammad Miftahudin, S.H. dijelaskan pada dasarnya aplikasi LAPPAS sebagai sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu dalam pembuatan laporan perkara yang sekaligus sebagai database (arsip digital) laporan perkara yang ada pada Pengadilan Agama Soasio. Secara teknis aplikasi ini memasukkan menu pengisian dan penyimpanan LIPA 1- LIPA 21. Adapun dalam pengisian tersebut menggunakan sistem sinkronisasi dengan SIPP yang terdiri dari LIPA 1, LIPA 8, LIPA 13, dan LIPA 19. Sistem sinkronisasi ini dapat mempermudah pembuatan laporan tanpa adanya penginputan secara manual. Nantinya data yang telah dimasukkan akan diubah dalam bentuk grafik keadaan perkara pada PA Soasio. Di sisi lain juga terdapat menu manajemen akta cerai yang berisi tata kelola akta cerai yang sudah diambil atau belum. Menu ini berasal dari adanya permintaan dari Ketua PA Soasio yang menginginkan adanya alat pendukung kegiatan PASS Baronda sebagai inovasi dari Ketua PA Soasio. Harapannya ketika akan melakukan PASS Baronda sudah siap dengan data-data akta cerai yang belum diambil secara terpadu. Sehingga nantinya dapat dilakukan proses pemilahan akta cerai yang sekiranya akan diambil pada kegiatan PASS Baronda. (MM)     

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soasio

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 10, Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3161025, Fax. 0921-3161141

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Agama Soasio © 2021